: WIB    —   
indikator  I  

Siapa yang butuh investasi?

Siapa yang butuh investasi?
Senior Advisor PT BNP Paribas Investment Partners

Menjawab pertanyaan di atas boleh jadi sebagian dari kita akan menjawab: mereka yang punya uang "berlebih". Ya betul, karena setiap investasi akan memerlukan modal atau uang. Jika semua uang yang ada harus dipergunakan untuk kebutuhan saat ini, apa yang akan diinvestasikan? Nah jika pertanyaan dilanjutkan: untuk apa berinvestasi? Jawabannya mungkin akan lebih sulit atau akan beragam.

Jawaban dari pertanyaan kedua sebetulnya akan menjawab siapa yang butuh investasi. Jika salah satu jawabannya adalah untuk memenuhi kebutuhan masa depan yang saat ini belum tersedia dananya, sebagian besar dari kita adalah yang paling butuh investasi.

Jika kita setuju, investasi dapat didefinisikan sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan atau tujuan hidup masa depan atau kebutuhan saat ini yang belum bisa dipenuhi karena belum tersedia dananya. Mereka yang memenuhi kriteria itulah yang paling membutuhkan investasi.

Jadi sebetulnya mayoritas masyarakat, khususnya para pekerja dan keluarga muda adalah yang paling membutuhkan investasi, untuk mempersiapkan dana kebutuhan masa depannya. Apakah kebutuhan masa depan itu? Apapun yang ingin dicapai di masa depan, misalnya dana pendidikan tinggi untuk anak, mempersiapkan dana pensiun, atau kebutuhan lainnya. Itu sebabnya investasi memerlukan suatu perencanaan. Masalahnya, di Indonesia masih sedikit pribadi atau keluarga yang berinvestasi untuk suatu tujuan tertentu dan melakukan perencanaan dalam berinvestasi. Mengapa? karena belum adanya kesadaran perlunya menyiapkan kebutuhan masa depan sejak sedini mungkin.

Lalu bagaimana dengan perlunya uang "berlebih" untuk bisa berinvestasi. Investasi jangan diartikan hanya bisa dilakukan dengan uang dalam jumlah besar sebagai modal awal. Investasi yang terencana untuk suatu tujuan spesifik dalam jangka panjang bisa dilakukan dengan dana yang relatif kecil, namun secara berkala, layaknya seseorang mencicil utang untuk membeli rumah.

Memastikan adanya uang "berlebih" itulah yang akan menjadi tantangan. Artinya, seseorang atau keluarga harus mewajibkan menyisihkan sebagian penghasilannya untuk melakukan investasi berkala sesuai dengan kebutuhan yang direncanakan, jika ingin menyiapkan masa depan yang sejahtera.


Close [X]