Kontan Online
  : WIB    --   
indikator  I  

Membedah mesin bisnis BMW

Membedah mesin bisnis BMW
Digital Entrepreneur dan Penulis Internasional Berbasis di Amerika Serikat dan Jakarta

Mobil-mobil mewah, sebagian besar di produksi oleh pabrikan mobil asal Eropa. Mereka memproduksi mobil dengan kualitas yang optimal sehingga bisa memuaskan konsumen di seluruh dunia.

Di Jerman, mengendarai mobil di jalan tol secepat 150 kilometer per jam merupakan hak setiap warga negara. Fenomena ini menjawab mengapa mobil-mobil kelas atas kebanyakan berasal dari parikan Jerman.

BMW Walt berlokasi di Munich, yang terdiri dari museum, pabrik manufaktur, dan pusat desain. Di tahun 2012, BMW Group memproduksi 1.845.186 unit mobil dan 117.109 sepeda motor, termasuk produksi mobil Mini dan Rolls-Royce.

Merek BMW mempunyai program European Delivery, di mana customer bisa mengunjungi mobil pesanan mereka sebelum dikirim ke negara tujuan. Ini merupakan strategi pemasaran dan publisitas luar biasa yang menanamkan rasa "kepemilikan" dan fraternitas dengan para pemilik BMW lainnya dan dengan HQ BMW. Belum lagi ekses positif menambah pelancong ke Munich, yang mendukung pariwisata.

Atensi customer mengenai detail dan "showmanship" merupakan perkawinan antara teknologi tertinggi dan desain mutakhir BMW. Kreativitas dan pertunangan seni dengan sains tampak jelas di sini.

Art cars dengan paint job oleh Andy Warhol dan pelukis dunia lainnya merupakan bentuk penghargaan persilangan ini.

BMW percaya akan the ultimate driving machine yang ditandai oleh gaya sporty, kecepatan optimal, dan otomatis selalu hadir terlepas dari price point yang ditawarkan kepada pasar. Dengan kata lain, dalam setiap unit, kualitas premium merupakan basis yang tidak bisa ditawar lagi.

Namun Consumer Reports berpendapat bahwa semua mobil papan atas dengan kualitas premium mempunyai reliabilitas setara. Misalnya Audi, Lexus, dan merek ternama lainnya. Kekuatan merek bukan hanya dinilai dari kualitas produk namun juga kreativitas dalam meleburkan diri ke dalam kultur mainstream populer.

Lantas, apa kelebihan utama produk-produk BMW? Keamanan yang teruji berkali-kali secara sains. Dan setiap detail kecil seperti suara bip fungsi mobil diteliti dan dipadankan dengan suara-suara lainnya di dalam setiap unit mobil. Termasuk kursi yang ergonomis dan membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan pengendara.

Manajemen BMW sendiri "menjaga" diri dari spionase bisnis dengan keamanan berteknologi tinggi. Yang terpenting, tentu saja memfokuskan diri untuk tetap menjadi ultimate driving machine mendetail hingga ke milimeter dan nanosekon produksi mereka. Dengan cara ini para konsumen dan pengendara lebih dari sekadar suka, namun mencintai kuda besi mereka.

Spirit akan detail merupakan salah satu kunci sukses BMW. Kidney Grill di bagian bumper setiap mobil BMW merupakan signature sejak produksi pertama 1916. Jadi bisa dipastikan bahwa fitur ini akan selalu hadir sebagai faktor pembeda dari kendaraan merek lainnya.

Detail elemen desain lainnya terlihat di sisi pintu kanan dan kiri yang membentuk komet. Ini bertujuan untuk memberikan direksi yang jelas ke arah manapun mobil bergerak. Detail seperti ini jelas tidak ditemukan di mobil kelas non-premium.

Setiap desain baru membutuhkan waktu tiga tahun untuk diteliti dan diuji dari berbagai segi sebelum bisa diproduksi dan dipasarkan.

Pertama, BMW mengadakan kompetisi desain di antara 400 desainer yang selama ini telah mereka pekerjakan. Setelah itu, empat finalis dipilih yang perlu direalisasikan dengan bahan tanah liat sebagai model.

Model dari tanah liat tersebut discan dan diunggah dalam 3D. Pada saat yang sama, para insinyur desain menggunakan perangkat lunak komputer untuk mengukur aerodinamika dan berbagai fungsi lainnya yang terukur.

Sungguh luar biasa. Rolls-Royce kini merupakan bagian BMW setelah terjadi perang akuisisi dengan Volkswagen, di mana BMW Group menghabiskan US$ 66 juta untuk menggunakan logo dan desain Rollys Royce, sedangkan VW menghabiskan US$ 700 juta untuk hak-hak lainnya.

Lokasi manufaktur asal Rolls-Royce yang terletak 60 mil di luar kota London menggunakan teknologi mutakhir dengan sentuhan handmade tanpa robot. Di Munich, Rolls-Royce Panthom dan The Ghost yang diproduksi oleh BMW sangat populer dengan harga jual US$ 500.000.

BMW dan Rolls-Royce merupakan mesin kendaraan papan atas dengan kekuatan merek yang sangat mencengangkan. Relevansi mereka tidak perlu diragukan lagi walaupun seri-seri lama masih berseliweran di jalan-jalan raya dunia. Perkawinan langgeng antara teknologi dan seni desain yang dijalankan oleh mesin bisnis yang solid mampu melanggengkan merek-merek idaman.