Kontan Online
  : WIB    --   
indikator  I  

Pasca-Ramadan

Pasca-Ramadan
Senior Advisor PT BNP ParibasInvestment Partners

Walau Hari Raya Idul Fitri sudah lewat, tidak ada kata terlambat untuk menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri bagi pembaca yang merayakannya. Semoga diterima amal ibadah sepanjang bulan Ramadan lalu dan tercapai tujuan puasa, untuk menjadi hamba-Nya yang lebih taat.

Tak lupa saya juga memohon maaf lahir dan batin jika dalam rubrik ini ada hal-hal yang tidak berkenan. Selalu ada salah dan khilaf yang sadar atau tidak pernah dilakukan.

Selalu menarik untuk menganalisis kondisi keuangan individu selama dan pascabulan suci Ramadan, terutama bagi mereka yang bercita-cita memulai membuka usaha. Coba tengok apakah selama selama bulan Ramadan pengeluaran yang terjadi berkurang atau malah membengkak secara signifikan? Permasalahannya bukan di pembengkakan pengeluaran tersebut, tapi apakah penggelembungan itu sebelumnya memang sudah direncanakan atau belum.

Selain masalah di atas, bagaimana kondisi keuangan secara umum pasca-Ramadan? Jika pembengkakan yang terjadi juga mengakibatkan kenaikan saldo utang, misalnya dari tagihan kartu kredit untuk mendanai peningkatan pengeluaran yang tidak terduga, maka kedua hal di atas menjadi alarm dalam hal cara pengelolaan keuangan di rumah.

Perencanaan - Eksekusi - Evaluasi. Ketiganya adalah kata-kata kunci yang merupakan rangkaian sebuah proses dalam pengelolaan keuangan. Proses ini menjadi lebih penting ketika seseorang ingin memulai membuka usaha. Ketika membuka usaha mempertaruhkan berbagai modal atau sumber daya yang dimiliki, seperti dana, waktu, pikiran dan lain sebagainya.

Membangun kesadaran akan proses Perencanaan - Eksekusi - Evaluasi, khususnya dalam pengelolaan keuangan, menjadi salah satu modal dasar ketika seseorang memutuskan memulai membuka usaha.