: WIB    —   
indikator  I  

Berbagi peran dan mitigasi risiko keluarga

Berbagi peran dan mitigasi risiko keluarga
Senior Advisor PT BNP ParibasInvestment Partners

Tidak mudah bagi sebuah keluarga, yang awalnya suami atau bersama istrinya adalah pekerja, memutuskan berubah haluan menjadi pengusaha. Keputusan tersebut harus dipikirkan masak-masak oleh pasangan suami-istri, karena akan menyangkut risiko bukan hanya dari sisi finansial, tapi juga dari sisi kehidupan rumah tangga secara keseluruhan.

Namun, jika sebuah pasangan berkeyakinan dan memiliki passion pada suatu kegiatan usaha yang diyakini bakal sukses, rencana mulai membuka dan menjalankan usaha yang diimpikan sebaiknya dijalankan.

Apa opsi keluarga dengan kondisi seperti di atas? Opsi pertama, bersama-sama berhenti sebagai pekerja dan beralih secara penuh waktu menjalankan usaha bersama. Dalam opsi ini, salah satu hal penting dalam pengelolaan risiko adalah tersedianya dana darurat untuk menopang kehidupan kebutuhan pengeluaran yang besarnya mungkin harus ditingkatkan, dari 12 kali pengeluran bulanan menjadi 24 atau bahkan 36 kali pengeluaran bulanan. Hal ini menjadi survival mode, berjaga-jaga, jika dalam dua tahun pertama usaha yang dijalankan belum seperti yang diharapkan.

Opsi kedua, berbagi peran, suami atau istri yang lebih paham akan seluk beluk usaha yang akan dijalankan, berhenti bekerja secara penuh waktu menjalankan usaha. Sementara pasangannya "menunggu" dan tetap bekerja. Pasangan yang bekerja tetap harus membantu usaha di luar jam kerja kantor, tapi jangan sampai mengganggu komitmen ke perusahaan tempatnya bekerja.

Memang tidak ada jaminan bahwa salah satu opsi di atas lebih baik dari opsi lain. Banyak faktor yang akan menentukan keputusan yang akan diambil yang bisa berbeda prioritasnya bagi tiap pasangan.

Namun, paling tidak, adanya dua opsi di atas menjadi bahan diskusi sekaligus untuk dibahas implikasi serta mitigasi risiko yang harus diambil dari setiap opsi untuk mengelola risiko yang akan dihadapi, ketika memutuskan beralih profesi dari pekerja menjadi pengusaha.


Close [X]