: WIB    —   
indikator  I  

Komputer mengerti tulisan manusia

Komputer mengerti tulisan manusia
Founder of Lightora UMN Incubator

Manusia diciptakan dengan kemampuan adaptasi, termasuk kemampuan untuk berkomunikasi. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang dibangun bertahun-tahun, kita mampu membedakan dan mengartikan berbagai konteks bahasa lisan dan tulisan.

Dari sisi bisnis, kemampuan ini menjadi sangat penting. Di era media sosial yang semakin tidak mengenal batas negara, usia, dan bahkan etika, maka semakin baik seseorang menangkap dan mengartikan percakapan yang terjadi misalkan keluhan respon untuk keluhan tersebut bisa jauh lebih baik.

Namun, dengan banyaknya jumlah pelanggan yang aktif di berbagai media sosial, tim yang dibentuk pun semakin hari semakin besar. Jadi walaupun penting, tapi menjadi terbatas. Belum lagi adanya sifat bias dari manusia yang bisa mempengaruhi rasio analis. Apakah ada solusi otomatisasi yang dapat efektif tanpa "menggemukkan" tim?

Beruntung, saat ini, berkembang berbagai teknologi yang dapat membuat sistem komputer semakin memahami apa yang kita komunikasikan melalui bahasa lisan dan tulisan. Anda mungkin familiar dengan Siri dari iPhone atau Cortana dari Windows 10?

Asisten pribadi seperti Siri dan Cortana akan semakin menjadi tren ke depan. Teknologi-teknologi yang berkait juga sudah banyak tersedia dan dapat diterapkan untuk bisnis. Sebagai contoh adalah text mining, speech recognition, data mining, semantic web, dan artificial intelligence (kecerdasan buatan).


Jurnalisme data
Apa saja pemanfaatan praktis teknologi tersebut untuk bisnis dari ruang lingkup paling kecil?

Pada area rekrutmen human resources (HR), mungkin staf-staf Anda masih harus mengumpulkan dan menyaring secara manual semua dokumen curriculum vitae (CV) yang diterima dalam bentuk dokumen Word dan PDF. Dengan penerapan teknologi software text-mining, seluruh dokumen tersebut ditelusuri dan diambil elemen Nama, Alamat, Jabatan, Pengalaman Kerja, dan lain-lain.

Walaupun tidak ada standar penulisan dari tiap pelamar, hal ini tetap dapat dimungkinkan. Ingin filter hanya yang memiliki pengalaman di perusahaan yang telah listing? Tidak menjadi masalah!

Pada area Customer Relationship Management (CRM), percakapan atau keluhan ke call center dapat diterjemahkan menggunakan teknologi speech recognition ke dalam teks dan kemudian dianalisis untuk dibuat summary. Hasil summary ini akan direspon oleh perusahaan dan dijadikan langkah perbaikan ke depannya.

Pada industri media, semua artikel yang pernah dipublikasikan dari waktu ke waktu tentunya mencatat fakta yang memiliki informasi waktu, kategori, pelaku, lokasi, dan banyak variabel lainnya. Ketika semua entity tersebut dapat diambil dan dikorelasikan menggunakan teknologi text-mining dan data mining, maka media dapat mengenali pola seperti pergerakan harga properti dan mampu merekomendasikan kepada pelanggan, dimana dan kapan saatnya membeli atau menjual.

Jurnalisme data yang memberikan value tinggi kepada pelanggan sudah bukan hal yang tidak mungkin lagi. Tim internal tetap sebagai perancang model analisanya, namun selanjutnya, biarkan komputer yang melakukan penggalian data lebih lanjut.

Kita sudah di era di mana komputer sudah mampu menangkap dan mengerti bahasa lisan dan tulisan manusia dengan semakin baik. Kita harus bisa menangkap perkembangan ini sebagai peluang untuk meningkatkan value bisnis kita dan selalu stay ahead of the competition.


Close [X]