Kontan Online
  : WIB    --   
indikator  I  

Manfaat teknologi hadoop bagi bisnis

Manfaat teknologi hadoop bagi bisnis
Founder of Lightora UMN Incubator

Kita semakin sadar tentang peluang yang diberikan big data dan banyak perusahaan mulai memanfaatkan big data. Alangkah baiknya bahwa kita juga dapat menggunakan teknologi tersebut dalam bisnis kita. Tetapi apakah kita membutuhkan teknologi khusus untuk masuk dalam big data?

Salah satu teknologi yang digunakan untuk menggunakan big data adalah hadoop. Ini merupakan teknologi yang dibuat berdasarkan metode Google untuk menyimpan dan mengolah data mereka. Hadoop menjadi pilihan untuk mengolah big data. Tetapi apa yang membuat hadoop berguna?

Jika ada yang bertanya: apa kelebihan dari hadoop? Inilah jawabannya:

Pertama,hadoop mampu berkembang dengan mudah. Apabila dibutuhkan komputer tambahan untuk mengolah data baru yang banyak, komputer tersebut gampang untuk disertakan dalam sistem hadoop.

Kedua, penggunaan biaya sangat efektif karena hadoop hanya menggunakan jumlah komputer yang cukup untuk data yang perlu diproses. Pembelian komputer tambahan dapat ditunda sampai ada data tambahan. Selain itu, hadoop sendiri adalah produk open-source sehingga tidak membutuhkan biaya lisensi.

Ketiga, data sosial media, e-mail, dan alat-alat elektronik dapat disimpan dan diproses oleh hadoop, menjadikannya salah satu teknologi yang fleksibel.

Keempat, data diberikan kepada semua komputer dalam sehingga hadoop menggunakan semua komputer yang tersedia untuk memproses data. Hal ini membuat hadoop sangat cepat.

Kelima, walaupun ada komputer yang rusak atau mati, hadoop dapat menggunakan komputer lain untuk menggantikannya. Hasilnya, sistem tetap aktif seperti biasa, walaupun ada bagian yang gagal.


Penerapan luas
Apakah hadoop sudah diterapkan di berbagai perusahaan? Ya, hadoop sudah diterapkan di beberapa perusahaan di berbagai bidang. Mari kita lihat, permasalahan mereka yang diselesaikan menggunakan hadoop.

Pertama, finansial memberikan salah satu contoh penerapan untuk memproses data yang besar. Contohnya, menemukan data-data liar yang dapat menyebabkan kerugian dari semua data perusahaan. Seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami, proses ini membutuhkan sistem yang bisa menampung data dalam jumlah besar. Di sini hadoop bersinar.

Kedua, telekomunikasi berhubungan dengan pertumbuhan data pelanggan yang sangat besar. Pertumbuhan data pelanggan telekomunikasi dapat meningkat melebihi 100% per tahun. Hadoop membuat penambahan infrastruktur menjadi mudah dan dapat dilakukan secara bertahap.

Ketiga, manufaktur memberikan contoh penggunaan hadoop untuk mengolah data sosial media. Umumnya, komplain produk yang bermasalah membutuhkan pelanggan untuk mengirim surat, tetapi data serupa juga dapat ditemui secara cepat di sosial media (lebih mudah menulis di sosial media dibanding menulis surat komplain).

Keempat, kesehatan memiliki data yang sangat banyak dan bermanfaat. Data kesehatan perlu disimpan selama mungkin dan selalu tersedia setiap waktu. Tentu saja, hadoop memberikan penyimpanan yang dapat bertambah secara mudah dan sistem yang tetap berfungsi walaupun ada bagian yang gagal.

Tentu masih ada banyak penggunaan hadoop yang membuat pengolahan data besar menjadi lebih mudah. Bahkan sampai saat ini, kemampuan hadoop masih dicoba di bidang-bidang yang berbeda dan permasalahan yang berbeda.