Kontan Online
  : WIB    --   
indikator  I  

Angel investor

Angel investor
Senior Advisor PT BNP ParibasInvestment Partners

Mendengar istilah angel investor, mungkin terbayang investor berjubah malaikat. Apa yang dimaksud dengan angel investor? Ini adalah investor atau penyedia dana, umumnya dalam bentuk penyertaan saham bagi usaha yang baru dimulai, di mana lembaga keuangan formal seperti modal ventura, bank atau lembaga keuangan lain belum atau tidak bisa menyediakan permodalan atau pinjaman uang.

Angel investor biasanya juga memberikan bantuan berupa bimbingan manajemen dan bisnis, selain bantuan modal awal. Mereka berorientasi lebih untuk membantu agar sebuah ide bisnis yang baik, tidak berhenti sebatas ide, namun bisa direalisasikan dan dikembangkan.

Bagi mereka yang ingin memulai usaha, punya ide cemerlang tapi tidak cukup modal, ada baiknya memahami dan mencari angel investor sebagai mitra memulai usaha atau mengembangkan usaha yang masih di tahap awal (start-up). Dengan adanya fasilitas internet, sangat mudah mencari akses keberadaan angel investor.

Ajang kompetisi ide bisnis sering menjadi jalan bagi mereka yang ingin memulai usaha dan menemukan angel investor. Bagi pengusaha pemula, kompetisi bisnis bisa sekaligus menjadi lahan pengujian apakah ide atau bisnis yang sudah dijalankan merupakan ide atau bisnis yang menarik didanai oleh para investor berjubah malaikat ini. Angel investor sering mencari lahan investasi melalui ajang kompetisi ide bisnis.

Mungkin timbul pertanyaan, dengan predikat "malaikat" apakah mereka akan secara suka rela memberikan uangnya tanpa ada motivasi meraih keuntungan dan pengembalian modal yang sudah ditanamkannya? Tidak, walau mereka berorientasi untuk membantu merealisasikan ide bisnis, mereka tetap memiliki motivasi meraih keuntungan dan pengembalian modalnya.

Tentu tak ada yang salah dengan motif itu, karena akan memacu semangat si pengusaha yang dibantu untuk bersungguh-sungguh menjadikan bisnisnya sukses.