: WIB    —   
indikator  I  

Evaluasi keuangan

Evaluasi keuangan
Senior Advisor PT BNP ParibasInvestment Partners

Waktu berjalan begitu cepat, tahun 2015 telah kita tinggalkan. Semoga banyak kenangan manis dan pelajaran berharga untuk menyongsong tahun yang baru. Selamat Tahun Baru 2016. Semoga tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dalam segala aspek.

Dalam aspek keuangan, berakhirnya tahun 2015, bagi setiap orang, setiap keluarga dan bagi mereka yang memiliki usaha adalah saat untuk "menutup buku", menutup dan menyelesaikan laporan keuangan pribadi, keluarga dan usaha yang dijalankan. Lalu, setelah buku ditutup, apa yang diperlukan? Tentu saja mengevaluasi, karena salah satu tujuan dibuatnya laporan keuangan adalah untuk bisa melakukan evaluasi.

Bagi mereka yang belum memiliki laporan keuangan ada baiknya awal tahun ini menjadi perubahan untuk menyadari pentingnya memulai membuat laporan keuangan pribadi, keluarga dan usaha. Tanpa adanya laporan keuangan, akan lebih sulit melakukan evaluasi.

Mengapa perlu evaluasi? Pertama, setiap orang, keluarga dan usaha pasti memiliki tujuan-tujuan, yang semua tujuan tersebut memiliki implikasi finansial, serta target finansial yang harus dicapai. Akhir tahun adalah saat tepat untuk melihat apakah dalam perjalanan menuju pencapaian target finansial, kita berada pada jalur yang benar atau tidak. Bagaimana posisi kas, nilai investasi, keberadaan alat-alat produksi, posisi utang dan juga nilai kekayaan bersih keluarga atau nilai saham & akumulasi keuntungan usaha yang diharapkan, sesuai dengan yang ditargetkan hingga akhir tahun lalu? Semua pertanyaan itu dapat dijawab dengan melihat "potret" kondisi keuangan dalam Laporan Neraca Keuangan.

Kedua, evaluasi dilakukan untuk mengetahui apakah pola konsumsi pribadi dan/atau keluarga selama satu tahun penuh, sesuai dengan rencana yang ditetapkan sebelumnya. Sementara untuk kegiatan usaha, apakah target penjualan, penggunaan sumber daya, serta keuntungan yang diperoleh memenuhi dan sesuai bujet yang direncanakan. Pertanyaan di atas akan terjawab ketika melakukan analisa dari laporan arus kas keluarga atau laporan laba/rugi usaha.

Dengan evaluasi melalui analisa terhadap laporan keuangan, maka akan lebih mudah melakukan langkah-langkah perbaikan dalam menyusun target dan rencana kerja untuk tahun 2016.


Close [X]