kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
KOLOM / siasatbisnis

Bahagia itu kunci produktivitas dan uang

oleh Jennie M. Xue - Kolumnis internasional serial entrepreneur dan pengajar, bisnis, berbasis di California.


Senin, 01 Februari 2016 / 22:15 WIB

Reporter: Jennie M. Xue | Editor: mesti.sinaga

Mungkin Anda belum mengenal merek Gore-Tex, namun kemungkinan besar Anda pernah menggunakan produk-produk yang menggunakan materi atau bahan milik merek Gore-Tex ini. Nah, Gore-Tex merupakan perusahaan yang didirikan Wilbert L (Bill) dan Genevieve Gore tahun 1958.

Gore adalah salah satu dari 200 perusahaan privat terbesar di Amerika Serikat (AS) dengan omzet per tahun mencapai US$ 3 miliar dan memiliki lebih dari 10.000 pegawai di 25 negara.

Gore telah membuat paten lebih dari 2000 produk di seluruh dunia dan juga punya 40 juta unit alat kesehatan yang telah membantu memperpanjang hidup manusia.

Bill Gore memulai bisnisnya ketika bekerja di DuPont yang dikenal dengan Teflon-nya. Di sanalah, ia menemukan materi produk yang luar biasa potensinya ini.

Namun sayang, ide ini ditolak secara sistematis. Frustasi, ia kemudian keluar dari DuPont dan memulai bisnis sendiri.

Produk yang ditemukan itu adalah materi tahan api nan tipis yang kini sangat penting dalam penanggulangan bencana api, tahan salju, dan kini banyak digunakan untuk produk industri.

Materi ini diberi nama Gore-Tex, materi berbasis membran tahan api dan tahan air namun punya pori-pori untuk sirkulasi udara pada kulit. Ini kemudian dipatenkan WL Gore and Associates.

Yang menarik dari Bill Gore bukan saja pada produk luar biasa ini. Namun bagaimana ia ditolak di DuPont dan menginspirasi dia mendirikan perusahaan tanpa hirarki, teamwork-oriented, dan make money and have fun doing it.


Ya, tanpa hirarki. Manajemen Gore-Tex tidak punya manajer dan team leader, namun para pekerjalah yang memilihnya. Dan setiap pekerja mendapatkan saham di dalam perusahaan privat ini, sehingga mereka punya rasa memiliki yang besar.

Kebahagiaan pekerja adalah filosofi utama Gore-Tex. Setiap individu yang bekerja disebut associate. Suasana kerjanya dikenal memberi rasa tenteram ala zen.

Salah satu posisi penting dalam organisasinya adalah Diversity Champion, yaitu seorang pembuka potensi baru. Seseorang yang memfasilitasi diversitas dan pelatihan-pelatihan ala zen yang membangkitkan potensi diri.

Ia mendengarkan ide dari para associates mengenai potensi-potensi kepemimpinan dari para kolega mereka. Kemudian mereka diberikan kesempatan memoles kepemimpinan mereka.


Bagi yang tertarik bekerja di Gore-Tex, kembangkan daya inovasi dan kreativitas, karena mereka mencari individu-individu yang mempunyai potensi mengembangkan bisnis dengan berbagai ide-ide kesegaran.

Sungguh menarik, bahwa para kandidat dipilih bukan karena kualifikasi mereka, namun kemampuan untuk menelurkan ide-ide baru yang pasti akan diberi reward yang setimpal.

Misalnya, ada salah satu associate dulunya adalah jagal hewan ternak tanpa kualifikasi dan gelar universitas yang andal dalam hal pembaruan manufacturing process. Namun kini ia menjadi leader dalam manufaktur. Eks-pejagal tersebut berhasil berkarya di Gore-Tex dengan mengandalkan bakat dan etos kerja yang luar biasa.

Satu lagi ide Bill Gore yang sangat efektif adalah, membangun kerja sama tim. Posisi sponsor yaitu seorang associate senior yang membimbing associate baru sehingga ada keeratan hubungan personal membangun keeratan kerjasama dalam tim.

Seorang sponsor sebenarnya seorang mentor yang berlaku sebagai sahabat tempat bertanya, sehingga si yunior bisa berkembang potensinya secara individu tanpa dipengaruhi oleh team leader.

Misalnya, ketika si yunior mempunyai ide segar, sang sponsor akan menunjukkan jalan yang perlu diambil agar dikenal oleh tim manajemen. Sebagai seorang senior, sang sponsor jelas mengenal banyak orang di dalam perusahaan.

Tentu saja, ini semua perlu dijalankan dalam suasana ala zen yang mengutamakan ketenangan batin sehingga office politics bisa dihindari.

Setiap associate di Gore-Tex juga harus memiliki personal project namun tetap having fun dalam prosesnya. Kebahagiaan associate merupakan filosofi utama yang dijalankan dengan sangat serius-ramah.

Intinya, begitu ada titik temu antara bakat, interes, dan kebutuhan perusahaan, maka associate dipastikan melesat.

Kultur bahagia dan having fun membuat para associate sangat betah bekerja dan produktivitas luar biasa tinggi. Bisa dimengerti bagaimana Gore memiliki lebih dari 2000 paten produk dan mampu mendiversifikasi di beberapa bidang, termasuk tekstil, industri penerbangan angkasa luar, teknologi jalan, kabel, mechanical engineering, senjata berat, kedokteran, dan industri musik.

Moto make money and have fun doing so benar-benar merupakan kultur yang perlu kita jadikan teladan. Kebahagiaan merupakan syarat sukses, demikian kata para Psikolog Positif seperti Martin Seligman dan Shawn Achor.

Maka, jadilah individu, tim, dan bisnis yang berbahagia sehingga sukses bisa menjadi default state. 



TERBARU

×