kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
KOLOM / siasatbisnis

Publikasi organik ala Kris Jenner

oleh Jennie M. Xue - Kolumnis internasional serial entrepreneur dan pengajar, bisnis, berbasis di California.


Selasa, 28 Juni 2016 / 16:49 WIB

Reporter: Jennie M. Xue | Editor: hendrika.yunaprita

Bagi Anda yang mengikuti seri televisi realitas Keeping Up with The Kardashians, pasti kenal Kris Jenner. Dia adalah momager atau mommy manager bagi anak-anaknya, yakni Kourtney, Kim, Khloe, Robert, Kendall, dan Kylie.

Kata momager kini telah dimasukkan sebagai salah satu kosa kata terbaru dalam Oxford Dictionary. Ini sebagai bukti besarnya pengaruh keluarga Kardashian-Jenner membentuk kultur pop dunia.

Kim menikah dengan rapper Kanye West pada tahun 2014, sehingga namanya berubah jadi Kim Kardashian West. Kim dikenal sebagai fashion stylist dan pemilik butik Dash bersama dua saudari kandungnya.

Putri keempat Kris Jenner bernama Kendall Jenner telah menjelma menjadi supermodel dunia bersama Gigi Hadid. Kiprah terakhirnya yang cukup mencengangkan adalah terpilih sebagai salah satu malaikat cantik lingerie ternama Victoria's Secret. Si adik bungsu Kylie berbibir indah dikenal dengan bisnis rambut palsu (wig) dan lipstik mutakhir (lip kit).

Si sulung Kourtney dikenal sebagai ibu dari tiga anak yang gemar desain interior. Dan Khloe dikenal dengan hidup serba sehat dan aktivitas fitness-nya yang luar biasa ketat.

Robert satu-satunya anak laki-laki keluarga Kardashian kini berbisnis kaos kaki dan Scott Disick ayah dari anak-anak Kourtney berbisnis mobil mewah dan berbagai jenis minuman keras.

Mantan suaminya, pemegang medali emas Olimpiade 1972 Bruce Jenner kini telah menjelma menjadi seorang perempuan transgender setengah baya bernama Caitlyn. Ia aktif sebagai advokat hak-hak kaum transgender di California. Ia juga berperan utama dalam seri televisi realitas "I am Cait" yang membeberkan kisah kehidupannya sebagai transgender.

Keunikan keluarga KardashianJenner ini dipertontonkan ke seluruh dunia melalui layar televisi dan monitor komputer. Hebatnya, segala produk yang di-endorse mereka laris manis, termasuk parfum dan kosmetika yang menggunakan nama Kim dan Kendall. Kendall merupakan brand ambassador kosmetika Estee Lauder.

Salah satu produk khusus yang diproduksi atas nama mereka adalah Lip Kit by Kylie Jenner yang terjual habis hanya dalam beberapa menit saja pada 30 November dan 14 Desember 2015.

Hanya dipasarkan melalui akun Instagram yang di-follow oleh 46 juta orang dan Twitter 13 juta orang, puluhan bahkan ratusan ribu unit terjual sekejap. Di pasar sekunder, Lip Kit by Kylie dijual di eBay seharga ratusan dollar AS, padahal harga ritel hanya US$ 30 per unit.

Kekuatan klan Kardashian-Jenner ini bisa dikuantifikasi dalam jumlah follower Twitter dan Instagram yang mencapai lebih dari seratus juta. Bayangkan, apabila satu persen saja yang membeli produk yang di-endorse, satu juta unit akan terjual sekejap. Kalikan dengan beberapa dollar profit per unit, maka dalam sekejap mereka mengantongi jutaan dollar.

Dalam salah satu wawancara televisi dengan Kris Jenner, sang bunda merangkap manager mengakui bahwa kekuatan merek The Kardashians dan Kardashian-Jenner adalah "membisniskan sisi-sisi organik" tiap individu.

Keluarga ini menjadi mesin publisitas. Apapun yang mereka lakukan, kenakan, makan, minum, nikmati, dan bicarakan pasti sampai ke telinga dan mata audiens.

Proses pemasaran terjadi secara alami dengan publisitas "organik" tanpa perlu melakukan hal-hal rumit. Cukup menyebutkan dalam akun Twitter dan Instagram.

Tentu proses perjalanan menuju jumlah follower masif bukan proses singkat. Seri televisi Keeping Up the Kardashians dimulai sejak tahun 2008. Hingga akhir 2015, sebelas season telah diproduksi beserta beberapa seri derivatif.

Salah satu primadona publisitas tabloid dan televisi adalah putri dari ahli waris Hilton Hotels bernama Paris Hilton yang pernah sangat terkenal beberapa tahun lampau. Paris merupakan sahabat karib keluarga ini dan khususnya Kim.

Paris dikenal sebagai supermodel dan karakter seri televisi realitas pertama "The Simple Life" (2003-2007) yang diperankan bersama sahabatnya Nicole Richie, putri dari Lionel Richie. Ini menjadi inspirasi Kris Jenner dalam "menjual" citra keluarganya yang modern, ramai, demokratis, dan bersahabat dengan audiens.

Publisitas organik momager Kris Jenner membutuhkan daya komunikasi istimewa. Santai namun berbobot. Kualitas dan karakter setiap individu tampak jelas bagi audiens dan masing-masing mewakili segmen pasar tersendiri. Kebaikan hati dan kasih antar anggota keluarga sangat kental terasa, terlepas dari derasnya argumen di antara mereka.

Kesimpulannya, tiap individu mempunyai daya jual tersendiri berdasarkan pasar yang mampu dia wakili.

Apabila Anda memiliki akses ke media sosial dan platform komunikasi masal berbasis video, seperti YouTube, sebenarnya pemasaran organik telah terjadi. Kuncinya mengenal apa yang diinginkan pasar. Selamat Mencoba.



TERBARU

×