kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
KOLOM / siasatbisnis

E-Commerce miliaran dollar Jessica Alba

oleh Jennie M. Xue - Kolumnis internasional serial entrepreneur dan pengajar, bisnis, berbasis di California.


Senin, 22 Agustus 2016 / 17:00 WIB

Reporter: Jennie M. Xue | Editor: hendrika.yunaprita

Memanfaatkan dunia maya bagi bisnis atau e-commerce, tak hanya populer bagi perusahaan besar. Selebriti papan atas dunia Jessica Alba adalah salah satu artis yang merambah dunia e-commerce, dan sangat berhasil.

Ia adalah co-founder Honest, Co. dengan situs Honest.com, retailer produk-produk bayi. Honest.com merupakan salah satu startup populer di kalangan investor dan konsumen.

Investasi kapital awal sebesar US$ 122 juta dengan penanam saham General Catalyst Partners, Institutional Venture Partners, Lightspeed Venture Partners, dan Wellington Management. Nilai valuasi Honest.com kini telah mencapai US$ 1,7 miliar dalam empat tahun.

Honest.com didirikan Jessica Alba, bersama Christopher Gavigan, dan Brian Lee pada 2011. Situs sebagai ecommerce yang menjual produk-produk bayi seperti popok bayi dan odol bayi.

Mereka mengklaim semua produk aman tanpa zat yang mengandung toksin dan kimia berbahaya. Merek Honest mengutamakan kontrol kualitas (QC) dan dijual dengan harga premium.

Brian Lee merupakan entrepreneur yang mendirikan LegalZoom dan ShoeDazzle. Modus bisnisnya cukup menarik, yaitu bekerja sama dengan selebriti, termasuk Robert Shapiro (partner Legalzoom yang juga pengacara kondang), Kim Kardashian (partner ShoeDazzle) dan Jennifer Lopez.

Sedangkan Christopher Gavigan adalah Chief Executive Officer organisasi nirlaba yang memproteksi anak-anak dari produk berbahaya bagi kesehatan bernama Healthy Child Healthy World. Ia juga penulis buku best-seller tentang produk aman bagi anak Healthy Child Healthy World: Creating a Cleaner, Greener, Safer Home.

Omzet Honest.com sangat menakjubkan, yaitu US$ 170 juta pada 2014, atau naik dari US$ 60 juta di tahun sebelumnya. Sekitar 80% berasal dari jualan online. Sedangkan sisanya penjualan di pasar swalayan seperti Target, ada di 2.500 lokasi.

Salah satu model bisnisnya yang menginspirasi adalah sistem berlangganan. Mengingat pemakaian popok sekali pakai dan produk bayi lainnya selalu berkelanjutan, berlangganan bulanan merupakan pilihan yang baik agar tidak lupa belanja.

Target.com dan Diapers.com juga mempunyai servis berlangganan popok sekali pakai ini. Diapers.com kini merupakan bagian dari Amazon.com setelah raksasa ecommerce ini mengakuisisi grup Quidsi, Inc yang merupakan pemilik Diapers.com dan beberapa situs e-commerce laris lainnya. Diapers.com merupakan kompetitor besar bagi Honest.com, walaupun produknya lebih beragam dari segi kualitas.

Model bisnis berlangganan seperti ini digemari di AS, terutama untuk produk-produk konsumen yang habis dipakai, seperti kosmetika, vitamin, makanan hewan piaraan, sampel-sampel produk, dan sebagainya. Bahkan Cindy Crawford berbisnis produk anti-aging Meaningful Beauty dengan model bisnis ini. Juga Michelle Phan dengan paket kosmetika bulanan di Ipsy.com.

Jessica Alba merupakan inspirator utama yang turun tangan sendiri. Awalnya, saat itu Alba sedang hamil anak pertama di usia 7,5 bulan. Ia mengalami alergi detergen. Setelah dipelajari, ternyata banyak komponen detergen yang tidak aman bagi kesehatan.

Ini menginspirasi Alba untuk memproduksi detergen dan produk-produk yang aman bagi ibu hamil, bayi, dan anak balita. Alba mengutamakan produk-produk sehat dan aman yang membawa perubahan positif di dunia.

Ide bisnis ini pada awalnya kurang ditanggapi dengan antusias. Sebab brand Jessica Alba lebih identik dengan seorang selebriti cantik, seksi, bukan seorang ibu dan pejuang keadilan sosial (social justice). Namun, ternyata isi hati ibu muda ini lebih kuat berbicara dan model bisnisnya sangat ampuh untuk merebut pasar generasi milenial yang kini telah berkeluarga.

Isu keadilan sosial merupakan isu nirlaba. Namun menjadi poros bisnis berlaba Honest.com. Partner Gavigan yang aktif dalam advokasi kesehatan anak-anak turut membawa nuansa keadilan sosial dalam kultur bisnis.

Yang menarik dari Honest.com in adalah: isu sosial ternyata mempunyai efek positif bagi suatu bisnis. Apalagi kualitasnya sangat premium dan dipertahankan dengan serius. Endorsemen selebriti sekaliber Jessica Alba sangat membantu. Namun tanpa unsur ini, semestinya Honest.com bisa berjalan dengan baik sepanjang strategi bisnis, kualitas produk, dan kualitas servis.

Bagi Brian Lee, faktor selebriti di bisnis merupakan daya tarik luar biasa. Tapi bukan berarti produk apapun pasti bisa dijual laris. Intinya komitmen, otentisitas, dan kesungguhan berbisnis. Bukan setengah-setengah. Sebuah ide berguna bila dieksekusi dengan baik.



TERBARU

×