: WIB    —   
indikator  I  

Belajar gigih dan berani

Belajar gigih dan berani
Senior Advisor PT BNP Paribas Investment Partners

Menjadi pengusaha yang memiliki dan menjalankan suatu perusahaan banyak diimpikan orang. Namun, tidak semua orang berani dan mampu memperjuangkannya untuk menjadi kenyataan. Di antara sebab hanya sedikit orang yang berani memulai usaha, adalah karena adanya paling tidak dua faktor, yakni "sulit" dan "risiko".

Faktor "sulit" sering dimulai dari kesulitan menemukan ide, kesulitan mendapatkan modal, sulitnya mencari tenaga kerja, sulitnya menjual, sulitnya mengelola perusahaan dan seterusnya. Faktor risiko biasanya berkaitan dengan ketakutan akan mengalami kerugian dan kehilangan modal.

Berinvestasi di saham perusahaan yang sudah "go public" dengan "ikut" memiliki perusahaan tanpa harus menjalankan perusahaan, seharusnya tidak menghadapi kesulitan seperti menjalankan usaha sendiri. Namun kesulitannya lebih karena ketidak-tahuan tentang bagaimana berinvestasi di saham. Mengatasi kesulitan ini seharusnya lebih mudah daripada mengatasi kesulitan menjalankan usaha.

Untuk faktor yang kedua, yakni adanya "risiko" kerugian dan kehilangan modal, kadar ketakutannya boleh jadi sama besar, baik bagi mereka yang mau memulai menjadi pengusaha maupun mereka yang mau berinvestasi saham di bursa atau di reksadana saham.

Faktor "sulit" dan "risiko", sebetulnya bermula dari ketidaktahuan yang bisa diatasi ketika seseorang mau membuka diri untuk belajar. Segala sesuatu ada ilmunya dan ilmu selalu bisa dipelajari. Termasuk cara mengatasi berbagai macam "kesulitan" dan mengelola "risiko" dalam konteks yang sedang kita bicarakan ini. Mungkin ada dua kata kunci yang bisa jadi penyemangat baik ketika kita ingin menjadi pengusaha maupun menjadi investor saham atau reksadana saham, yakni: kegigihan dan keberanian.

Kegigihan berkaitan dengan semangat untuk belajar mencari solusi mengatasi kesulitan-kesulitan. Keberanian berkaitan dengan semangat untuk memahami, menghadapi dan mengelola risiko. Memang diperlukan pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran ekstra untuk membangun kegigihan dan keberanian. Namun, balasan bagi mereka yang mau merealisasikan mimpinya menjadi pengusaha atau menjadi investor akan sepadan dengan pengorbanan yang dilakukannya.


Close [X]