Kontan Online
  : WIB    --   
indikator  I  

Organisasi dan komunikasi gaya ibu

Organisasi dan komunikasi gaya ibu
Kolumnis internasional serial entrepreneur dan pengajar bisnis, berbasis di California

Salah satu perempuan tangguh dalam dunia komunikasi dan bisnis adalah ibunda dari 10 orang anak keluarga Kardashian dan Jenner, yang bernama Kris Jenner. Kris adalah momager (mommy manager) keenam anak kandungnya Kourtney, Kim, Khloe, Robert, Kendall dan Kylie.

Mantan suaminya Bruce Jenner, adalah pemenang medali emas Olimpiade tahun 1972 lalu untuk kategori dekatlon. Kini ia dikenal sebagai Caitlyn Jenner.

Yang menarik dari gaya berbisnis dan komunikasi Kris ini adalah gaya seorang ibu, yang menempatkan tutur kata baik (positive words) dalam setiap kesempatan dan bekerja keras dan cerdas untuk memberikan yang terbaik bagi keluarga.

Untuk kontribusinya dalam dunia bisnis dan pertelevisian, Kris Jenner diakui dunia sebagai pakar komunikasi dan matriarch dunia televisi realitas Hollywood.

Strategi Bisnisnya terjadi secara organik alias kebetulan, mengingat ia tidak berlatar belakang Bisnis dan tidak pernah mendapat pendidikan Bisnis. Profesi sebelumnya adalah pramugari (flight attendant).

Gaya seorang ibu ini bukan berarti ia adalah seorang perempuan keibuan nan lemah lembut. Melainkan menempatkan kerja keras, kerja cermat, positivitas, dan semangat memotivasi dengan unconditional love (kasih tanpa batas). Ia menjaga kekompakan keluarga apapun yang terjadi dan sesulit apapun situasi.

Sebagai manajer, Kris berhasil membuka kesempatan bagi keluarganya dengan hanya mengandalkan keberanian berkomunikasi. Ya, pada saat ia baru menikah dengan Bruce Jenner, pasangan ini tidak memiliki penghasilan dan tabungan yang cukup untuk membiayai 10 orang anak dalam keluarga besar mereka.

Dengan dorongan keberanian, pasangan baru ini memasarkan bisnis motivasi Bruce Jenner dengan mengirimkan brosur pemasaran ke 7.000 perusahaan dan individu. Pemasaran cold calling ini berhasil menelurkan cukup banyak order sebagai motivational speaker bagi Bruce.

Suatu hari, ketika ibunda Kris bernama Mary Jo Shannon (dipanggil MJ) yang bermukim di La Jolla perlu mengurus suaminya yang sedang sakit, Kris membantu mengelola toko tersebut. Ternyata, ia menyukainya dan terinspirasi untuk membuka toko serupa di Calabasas, kota kediamannya.

Berhasil dengan toko anak-anak yang dikelola bersama Kourtney, ternyata dua putrinya Khloe dan Kim juga tergerak untuk mendirikan butik yang diberi nama Dash.

Selanjutnya, reality TV show Keeping Up with The Kardashians (KUWTK) diproduksi oleh Ryan Seacrest Productions ternyata sukses dan melejit. Padahal, Kris hanya mengharapkan bahwa show tersebut cuma menjadi platform pemasaran produk-produk mereka.

Sebagai seorang ibu, ia hanya ingin agar anak-anaknya mempunyai sumber penghasilan yang lumayan untuk keluarga mereka.

Sungguh menarik perjalanan Bisnis komunikasi Kris Jenner. Strategi Bisnisnya organik ala ibu. Pertama, Kris menggunakan apa yang ia miliki, yaitu anggota keluarganya sendiri sebagai platform dan produk. Ia menjual Bruce Jenner sebagai pembicara motivasi mengingat prestasinya sebagai pemegang medali emas Olimpiade.

Selanjutnya, keluarganya dijual sebagai platform untuk menjual produk. Ternyata, platform tersebut malah bermetamorfosis menjadi produk yang sangat laris dijual, yaitu KUWTK. Kini telah ada komputer gim, aplikasi, buku fiksi dan non-fiksi, pakaian, dan mainan anak-anak yang menggunakan rupa mereka.

Kedua, konsep bekerja menjadi sangat cair dan fleksibel. Kehidupan sehari-hari mereka yang difilmkan untuk KUWTK dan itulah pekerjaan mereka. Bukankah suatu pekerjaan terindah adalah ketika kita menjadi diri sendiri?

Jadi, kenalilah diri Anda. Keterampilan dan talenta merupakan dua hal berbeda, dan keduanya merupakan produk yang bisa dipasarkan secara agresif sebagaimana Kris Jenner lakukan. Bahkan gaya dan strategi pemasaran bisa dijalankan secara organik. Intinya adalah kenali platform dan gaya berkomunikasi.

Ketiga, mengenali dan memperdalam gaya berkomunikasi organik yang ringan dan menarik. Keluarga Kardashian dan Jenner dikenal dengan gaya mereka yang alami serta tidak dibuat-buat.

Rupanya ada ketulusan dalam gaya komunikasi mereka. Walaupun hal itu bisa saja bermuatan product placement.

Akhir kata, seorang ibu adalah seorang manajer alami. Dengan sedikit sentuhan modernitas dan strategi komunikasi yang tepat, Anda dapat menjadi seorang Kris Jenner.

Semangat tidak kenal lelah dan mengutamakan kesejahteraan anak-anak dan keluarganya merupakan spirit kerja yang sangat bisa kita teladani.