: WIB    —   
indikator  I  

Instrumen dan Produk Keuangan

Instrumen dan Produk Keuangan
Senior Advisor PT BNP Paribas Investment Partners

Permasalahan keuangan yang dihadapi masyarakat Indonesia umumnya adalah rendahnya tingkat literasi yang berkaitan dengan pemahaman dan kemampuan mengelola keuangan. Edukasi keuangan menjadi keharusan, karena rendahnya literasi keuangan masyarakat juga berpengaruh kepada tingkat kesejahteraannya.

Materi edukasi keuangan secara umum paling tidak meliputi Financial check-up: pentingnya perencanaan (budgeting), pencatatan, dan evaluasi atas pengeluaran rutin; perencanaan investasi untuk kebutuhan masa depan; pengelolaan dan mitigasi risiko; manajemen utang; pemahaman tentang instrumen dan produk keuangan.

Seri tulisan rubrik Financial Wisdom kali ini akan membahas secara singkat instrumen dan produk keuangan yang perlu diketahui, dipahami, sekaligus dimanfaatkan untuk digunakan. Instrumen dan produk keuangan sejatinya hanya sekadar alat untuk mencapai tujuan. Sehingga, penting untuk mengetahui terlebih dahulu tujuan-tujuan finansial apa yang ingin dicapai, sebelum langsung memanfaatkan instrumen tersebut.

Ambil contoh, instrumen keuangan yang pemahaman dan pemanfaatannya sudah cukup luas di masyarakat adalah instrumen deposito sebagai salah satu instrumen investasi, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Mekanisme cara berinvestasi di instrumen ini yang mudah dan karakteristiknya yang aman menjadikannya sebagai instrumen yang banyak digunakan. Tidak demikian dengan obligasi atau saham yang dianggap masih rumit dan berisiko, yang belum banyak dimengerti menyebabkan penggunaannya masih sedikit. Padahal, kedua instrumen tersebut bisa lebih optimal jika digunakan untuk tujuan investasi jangka panjang dibanding deposito.

Pembahasan singkat tentang berbagai instrumen dan produk keuangan ini diharapkan akan membuka wawasan dan pengetahuan baru bagi masyarakat. Sehingga, masyarakat memiliki pilihan lebih banyak untuk dimanfaatkan secara optimal demi memenuhi tujuan finansial yang dibutuhkan.

Bahasan instrumen dan produk keuangan akan meliputi mekanisme kerja instrumen tersebut, karakteristik manfaat maupun risikonya, juga kegunaan utamanya dalam memenuhi tujuan finansial pemakainya. Jadi, selamat mengikuti terus rubrik ini.


Close [X]