: WIB    —   
indikator  I  

Tata kelola dan nilai saham

Tata kelola dan nilai saham
Financial Expert Universitas Prasetiya Mulya

Blue Bird adalah contoh korporasi yang dibangun dan bertumbuh dengan nilai dan tata kelola yang baik. Ketika Jakarta masih dikuasai taksi berwarna kuning, Blue Bird menawarkan nilai kepercayaan, kenyamanan, dan keamanan.

Penumpang si Burung Biru tidak perlu khawatir diajak blusukan di Jakarta dengan argometer kuda. Supir Blue Bird dibekali dengan niat baik dan kejujuran.

Tata kelola perusahaan yang baik ini menjadi keunggulan bersaing (competitive advantage), faktor yang membedakan dengan kompetitornya.

Lambat laun burung-burung biru ini berkembang biak menggeser taksi berwarna kuning. Saya sering menggunakan contoh si Burung Biru ini saat berkhotbah tentang manfaat good corporate governance (GCG).

Maka, ketika terjadi demonstrasi panas supir taksi PT Blue Bird Tbk (BIRD) pada Maret lalu di Jakarta, masyarakat Ibu Kota RI yang tingkat kepo-nya tinggi jadi kerepotan.

Apalagi, kemudian terjadi tindak kekerasan oleh pelaku demonstrasi. Foto-foto tindak kekerasan beredar cepat bak virus di dunia maya, menuai citra negatif dan kecaman.

Menyadari hal ini, manajemen Blue Bird, sore itu juga mengeluarkan kebijakan naik Blue Bird gratis selama masih di Jakarta dan berlaku seharian setelah hari demonstrasi.

Jika kita asumsikan setiap unit taksi Blue Bird menyetor Rp 660.000 per hari dan ada 15.000 unit taksi yang beroperasi pada hari gratisan tersebut, maka dana yang dikeluarkan untuk say sorry with flowers demi menjaga reputasi adalah Rp 10 miliar.

Mari kita belajar hubungan antara Good Corporate Governance (GCG) dan nilai sebuah perusahaan atau saham. Dari sisi keuangan, corporate governance akan berdampak terhadap nilai perusahaan melalui biaya modal perusahaan.

Semakin bagus penerapan GCG, maka semakin rendah risiko yang dipersepsi oleh investor. Karena risiko berbanding lurus dengan imbal hasil yang disyaratkan investor (biaya modal), perusahaan yang menerapkan GCG diharapkan bisa memperoleh modal dengan lebih murah.


Close [X]