: WIB    —   
indikator  I  

Tabungan dan kartu debit

Tabungan dan kartu debit
Senior Advisor PT BNP Paribas Investment Partners

Minggu lalu dibahas tabungan bukan hanya sebagai sarana menabung atau menyimpan uang, tapi juga sebagai rekening operasional.

Adanya kartu ATM yang melekat pada rekening tabungan memudahkan seseorang melakukan penarikan tunai untuk kebutuhan pembayaran atau belanja.

Tabungan juga dilengkapi beberapa fitur lain, misalnya pembayaran yang dilakukan secara rutin dengan instruksi auto debet, seperti pembayaran listrik, telepon hingga biaya berlangganan bulanan berbagai produk atau jasa pelayanan rumah tangga.

Salah satu fitur tabungan yang semakin umum adalah kartu ATM yang juga berfungsi sebagai kartu debit.

Kartu debit berfungsi sebagi alat pembayaran non-tunai di toko, restoran, hotel atau di manapun yang menjual produk atau jasa yang menerima pembayaran tanpa uang tunai melalui kartu debit.

Pembayaran dengan kartu debit lebih praktis dan aman dibandingkan pembayaran tunai, apalagi jika melibatkan dana dalam jumlah besar.

Pembayaran secara non-tunai dengan kartu debit, tidak seperti pembayaran dengan kartu kredit yang menyediakan fasilitas utang.

Pembayar dengan kartu debit, harus terlebih dahulu memastikan bahwa dana dalam tabungannya mencukupi. Dana tersebut akan langsung didebit (ditarik) oleh bank sebesar jumlah transaksi untuk membayar transaksi yang dilakukan.

Jika dana di rekening tabungan tidak tersedia atau tidak mencukupi, maka transaksi pembayaran tersebut ditolak.

Memanfaatkan tabungan beserta kartu debit bisa menjadi cara mengelola keuangan rumah tangga yang baik, jika sebelumnya ada perencanaan dengan mengalokasikan terlebih dahulu semua pengeluaran yang dibutuhkan.

Jadi belanja dan pengeluaran lain yang dilakukan akan selalu dibatasi anggaran yang dialokasikan.

Pernah tergiur dan membeli sebuah barang dengan kartu kredit, sementara dananya sendiri tidak ada? Padahal yang dibeli bukan sesuatu yang dibutuhkan dan tidak direncanakan?

Nah, penggunaaan kartu debit akan lebih aman dibandingkan kartu kredit. Dalam hal ini Anda akan terselamatkan dari berutang, karena Anda tidak akan membeli sesuatu jika tidak memiliki dananya.

Akan lebih baik lagi apabila penggunaan kartu debit hanya dilakukan untuk setiap pengeluaran yang dibutuhkan.


Close [X]