kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
KOLOM / siasatbisnis

Warisan Lee Iacocca

oleh Jennie M. Xue - Kolumnis internasional serial entrepreneur, pengajar bisnis berbasis di California, aktif di blog JennieXue.com


Senin, 07 September 2015 / 12:27 WIB
Warisan Lee Iacocca

Reporter: Jennie M. Xue | Editor: tri.adi

Ada nama besar di balik kesuksesan Chrysler yang masih bertahan hingga saat ini. Dia adalah Lee Iacocca.

Lee Iacocca pernah menjadi ikon ketika ia berhasil menghidupkan kembali Chrysler. Pada tahun 1979, Chrysler salah satu produsen mobil terbesar di dunia ini tengah dilanda kerugian dalam jumlah besar.

Untuk menyelamatkan perusahaan ini, dibutuhkan dana segar sebesar US$ 3 miliar. Karenanya Iacocca lah orang yang memohon kepada Kongres AS untuk meminjam dana US$ 1,5 miliar sebagai bailout.

Bagaimana sepak terjangnya? Bagaimana Chrysler setelah Lee Iacocca?

Iacocca adalah putra dari imigran asal Italia. Ayahnya pada saat itu di kenal sebagai penjual hotdog. Lee kecil bekerja di toko buah dengan bayaran US$ 2 per hari plus buah-buahan gratis.

Setelah lulus SMA karena kondisi fisiknya, ia tidak masuk wajib militer. Melainkan ia kuliah di Lehigh University mengambil jurusan industrial engineering dan gelar masters dari Princeton.

Lee muda magang di Ford Automobile di Detroit, Michigan. Namun ternyata bakat terbesarnya adalah pemasaran dan penjualan, bukan produksi. Selanjutnya, Iacocca bekerja dekat dengan para diler mobil di Pantai Timur Amerika Serikat.

Dengan kampanye 56 for 56 yang artinya cicilan per bulan US$ 56 untuk mendapatkan Ford Model 1956, ia berhasil menjadi superstar penjualan di distrik Pennsylvania. Ia pun dipromosikan di tingkat nasional sebagai National Truck Marketing Manager di Detroit.

Di tahun 1959, Ford memperkenalkan the first American compact car bernama The Falcon yang terjual 417.000 unit di tahun pertama. Namun masih belum menghasilkan profit, karena small car, small profit.

Selanjutnya, Iacocca memegang posisi penting sebagai General Manager of Ford Division ketika atasannya dipromosikan ke posisi yang lebih tingg. Posisi baru inilah yang memberikan keleluasaan membangun tim yang terdiri dari para eksekutif muda tercerdas dan terbaik.

Tim itu dinamakan Fairlane Committee, yang mendesain mobil dengan berdasar pada tiga unsur: gaya (style), kuat (strong performance), dan murah (low price).

Target desain dan produksi mobil pertama selesai April 1964, bertepatan dengan World Fair di New York. Hasil kompetisinya adalah mobil trendi Ford Mustang seharga US$ 2.368. Ketiga unsur tercapai dengan gemilang. Perencanaan yang didasari dengan excitement ini menghasilkan desain yang exciting dan seksi. Dalam 2 tahun produksi Mustang menghasilkan laba bersih US$ 1 miliar.

Di tahun 1970, Lee Iacocca dipromosikan sebagai President of Ford Company. Namun Ford adalah perusahaan keluarga, sehingga Henry Ford II menegaskan posisinya. Kemudian pada Juli 1978, Iacocca dipecat dari posisi presiden, padahal baru saja menghasilkan US$ 1,8 miliar selama dua tahun berturut-turut.

Adalah Hal Sperlich yang ketika itu memegang posisi VP Product Plan di Chrysler yang kemudian memanggil Iacocca. Mulailah periode emas kedua Iacocca di perusahaan berbeda yang diawali dengan mewarisi kerugian US$ 160 juta. Langkah pertama yang ia lakukan adalah membentuk tim yang terdiri dari orang-orang terbaik di bidangnya.

Berikutnya, ia meminta pinjaman US$ 1,5 miliar kepada Pemerintah Federal AS, yang merupakan salah satu transaksi paling rumit dalam sejarah bisnis AS. Iacocca berhasil meyakinkan Kongres bahwa dana bailout ini akan sangat membantu perekonomian AS keseluruhan. Sejak itu, Iacocca menjadi juru bicara Chrysler, selain menjabat sebagai CEO. Iacocca pun tampil di hadapan media dan dalam berbagai iklan.

Setelah 5 tahun merugi, mulai tahun 1982, Chrysler mulai menghasilkan laba. Tujuh tahun sebelum deadline pembayaran pinjaman dari Pemerintah Federal, Chrysler telah melunasinya.

Selanjutnya mereka mengakuisisi American Motors Corporation (AMC) dengan ikon Jeep-nya senilai US$ 1,5 miliar. Langkah ini merupakan sepak terjang sekaligus prestasi Iacocca yang terpatri selamanya.

Ketika Krisis Ekonomi AS mulai terasa, tiga perusahaan otomobil terbesar AS mengajukan permohonan pinjaman US$ 25 miliar, seperti yang pernah diajukan oleh Lee Iacocca. Pengaruh Lee sangat terasa. Di tahun 2009, Mustang tipe Iacocca diluncurkan 45 tahun setelah Mustang pertama diluncurkan olehnya.

Apa warisan Lee Iacocca bagi dunia? Pertama, kepemimpinannya yang tidak konvensional dengan mengajukan permohonan ke Kongres AS agar mendapatkan pinjaman merupakan gabungan aktivisme dan kapitalisme yang jenial.

Kedua, kepemimpinan yang bisa dipercaya dan inovatif. Ketiga, kepemimpinan yang mengenali betul tim terbaik bagi perusahaan.

Selain berbisnis, Iacocca adalah aktivis riset diabetes yang terus membiayai riset penyembuhan penyakit terminal ini. Great job, sir.

 



TERBARU

×