kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
KOLOM / siasatbisnis

Rahasia Tamara Mellon di Jimmy Choo

oleh Jennie M. Xue - Kolumnis internasional serial entrepreneur dan pengajar, bisnis, berbasis di California


Kamis, 02 November 2017 / 07:15 WIB
Rahasia Tamara Mellon di Jimmy Choo

Reporter: Jennie M. Xue | Editor: hendrika.yunaprita

Tamara Mellon adalah Founder Tamara Mellon Shoes, co-founder Jimmy Choo, dan mantan editor fashion Vogue UK. Kariernya dalam dunia sepatu gemerlap papan atas perempuan diawali ketika ia masih bekerja di Vogue.

Saat itu, Jimmy Choo sudah dikenal sebagai salah satu cobbler alias pembuat sepatu terbaik di dunia asal Malaysia berbasis di London Timur. Para selebriti Eropa dan Amerika Serikat (AS), serta mendiang Putri Diana adalah pelanggannya.

Di tahun 1990-an, Mellon menemui Jimmy Choo melalui network para editor fesyen. Tanpa disadari, Mellon sebenarnya telah mendesain sepatu sesuai apa yang dibayangkan di dalam benaknya. Dan Choo yang mengeksekusi dalam bentuk sepatu.

Lampu bohlam di kepala Mellon menyala, ketika ia perlu memberi kredit pembuat sepatu "Shoes by Jimmy Choo" di bawah foto styling halaman majalah. Padahal, dengan kredit tersebut, biasanya perancang fesyen dapat mempromosikan produk tanpa perlu membayar iklan.

Saat itulah, ia mempunyai ide membuat merek Jimmy Choo di tahun 1996. Dalam kerjasama fifty-fifty dengan Jimmy Choo, semestinya tugas Mellon adalah mengelola dari segi bisnis dan publisitas, sedangkan Choo bertanggungjawab dalam segi desain.

Di masa itu, sepatu perempuan termewah adalah Manolo Blahnik, yang dipopulerkan oleh Carrie Bradshaw dalam serial televisi Sex and The City. Tidak ada kompetitor. Jadi, Jimmy Choo adalah merek tandingan Manolo Blahnik dan pasar sangat hangat menerima.

Mengapa sepatu Jimmy Choo sangat sukses? Menurut Mellon, kuncinya adalah desain dan kualitas. Lebih dari 90% produk terjual dalam harga penuh (full price) tanpa diskon. Ini menunjukkan animo positif dari para konsumen. Padahal, rata-rata penjualan produk sepatu adalah 60% hingga 65% dengan harga penuh.

Hubungan kerja antara Tamara Mellon dengan Jimmy Choo sendiri sebenarnya tidak seindah yang dibayangkan. Dalam wawancara dengan Poppy Harlow dari CNN, Mellon berkata, sesungguhnya semua sepatu merek Jimmy Choo saat awal pendirian didesain olehnya. Jimmy Choo sendiri tidak pernah menyertakan desainnya.

Menyadari hal tersebut, di tahun 2001, sekitar 50% saham Jimmy Choo dijual kepada Equinox Luxury Holdings. Di tahun 2004, saham tersebut pindah tangan ke Lion Capital. Di tahun 2007, kembali dijual kepada TowerBrook Capital Partners sebesar 225 juta. Tahun 2011, pindah tangan ke Labelux sebesar 525.5 juta.

Selama itu, Mellon adalah satu-satunya anggota board yang perempuan. Padahal, sepatu Jimmy Choo adalah sepatu untuk perempuan. Dan sweat equity yang bagiannya saat itu hanya 2%, padahal pihak lain memegang lima persen.

J. Choo Ltd kini dijalankan oleh mantan eksekutif LVMH Pierre Denis. Penawaran saham perdana alias initial public offering (IPO) berlangsung September 2014. Dan sebulan kemudian listing di London Stock Exchange dengan nilai ekuitas sekitar 546 juta.

Dari perjalanan panjang mempertaruhkan karier bisnisnya, Mellon mencatat beberapa hal penting yang bisa menjadi bahan pelajaran kita semua.

Pertama, percayalah akan kemampuan diri sendiri. Jangan jadikan rendahnya pendidikan atau hal-hal sebagai justifikasi rendah diri. Mellon sendiri hanya berpendidikan SMA, yang sering kali membuatnya rendah diri. Dalam bahasa Ilmu Psikologi, ini dikenal dengan istilah impostor syndrome.

Kedua, mengenali talenta dan skill diri sendiri, sehingga ketika sedang melaksanakan bisnis, semua itu dihargai sepantasnya. Hargai diri sendiri untuk menggunakan nama Anda sebagai nama produk (merek) dari awal. Jadilah nama Jimmy Choo yang terus membesar, bukan Tamara Mellon. Kini setelah hubungan kerja diputuskan dengan Jimmy Choo Ltd, barulah Mellon membangun merek dengan namanya sendiri "Tamara Mellon" yang bermarkas di West Hollywood.

Ketiga, memulai kembali dengan benar merupakan tanda kematangan diri dan berbisnis. Setelah 20 tahun dalam bayang-bayang Jimmy Choo, akhirnya ia mempunyai platform untuk menunjukkan talenta dan skill miliknya.

Pelajaran bisnis Tamara Mellon sangat berarti bagi para perempuan karier dan pebisnis. Juga bagi para partner dalam kerja sama 50:50. Jangan jadikan berbagai kelemahan pribadi sebagai alasan untuk mendapatkan bagian yang lebih kecil atau bekerja lebih keras. Ketika partnership 50:50 disetujui, bidang kerja semestinya telah dibagi dengan baik dan ada oversight agar saling mempertanggungjawabkan bagian masing-masing.

Akhir kata, yakinlah akan talenta dan skill diri sendiri. Speak up alias kemukakan pendapat dalam setiap milestone kemitraan. Niscaya, partnership menjadi langgeng dan masing-masing dapat berperan sebagaimana diperjanjikan dari awal.



TERBARU

×