kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
KOLOM / siasatbisnis

Kekuatan Merek-merek O dan Oprah

oleh Jennie M. Xue - Kolumnis internasional serial entrepreneur dan pengajar, bisnis, berbasis di California


Selasa, 27 Maret 2018 / 15:41 WIB
Kekuatan Merek-merek O dan Oprah

Reporter: Jennie M. Xue | Editor: hendrika.yunaprita

O adalah majalah yang diterbitkan oleh Oprah Winfrey. OWN adalah singkatan dari Oprah Winfrey Network. Dan Oprah adalah nama kesayangan Oprah Winfrey, pemilik perusahaan broadcasting OWN, ia host talk show kesayangan dunia dan filantropis raksasa.

Dalam kesederhanaan, Oprah kecil adalah seorang anak yang hidup dengan neneknya dalam kemiskinan. Awalnya Oprah membidik dunia broadcasting sebagai simbol pemberontakan terhadap keterbatasan ekonomi yang ia hadapi.

Ia kemudian dikenal sebagai ratu talk show, juga seorang aktris berkaliber Piala Oscar dan Golden Globe dengan film The Color Purple yang disutradarai oleh Steven Spielberg. Ia kemudian juga dikenal sebagai produser eksekutif berbagai film bertema kemanusiaan seperti Beloved karangan Toni Morrison.

Hebatnya, Nona Winfrey ini termasuk segelintir miliarder dunia berkulit hitam dan perempuan. Ia menjadi jutawan dalam dollar Amerika Serikat (AS) di usia muda, 32 tahun. Di usia 41 tahun, ia memiliki net worth sebesar US$ 340 juta.

Di tahun 2000, ia beraset hingga US$ 800 juta dan warga AS berkulit hitam terkaya di abad ke-21. Terhitung tahun 2008, penghasilan per tahunnya mencapai US$ 275 juta. Tahun 2014, total nilai asetnya mencapai sekitar US$ 2,9 miliar.

Apa saja merek dagang milik Oprah? Harpo Productions (Harpo Studios), Harpo Inc, Harpo Print, Harpo Films, Harpo Radio dan OWN. Harpo Films dan Harpo Radio telah ditutup. Sebagian saham OWN kini juga dikuasai oleh Discovery Communications.

Oprah juga dikenal bekerja sama dengan Weight Watchers slimming center. Kolaborasi ini ternyata menaikkan saham kepemilikannya dari US$ 43 juta, menjadi US$ 294 juta, setelah Oprah berhasil menurunkan berat badan 40 pon.

Terhitung Agustus 2017, Oprah bekerja sama dengan Kraft Heinz dalam menyajikan comfort food O, That's Good! berbentuk sup dan side dish seharga sekitar US$ 4,5 hingga US$ 5 per porsi. Makanan sehat siap saji ini dijual di supermarket ternama.

Sebagai jurnalis, ia telah menelurkan lima buku, termasuk buku penurunan berat badan dan memoar. Sebagai aktivis, ia menginisiasi Oprah's Child Predator Watch List alias daftar predator anak online. Oprah.com menerima 70 juta page views per bulan oleh 6 juta pengguna.

Nama dan rupa Oprah Winfrey telah sangat populer dan sangat menjual. Tua muda, miskin kaya, hitam putih, laki perempuan dan demokrat republikan dan dari berbagai negara dan latar belakang, semua terkesima dengan nona hitam manis ini. Apa strategi suksesnya dalam karier dan bisnis?

Satu, transparansi dan ketulusan. Ini sangat jelas terbaca dari setiap gerak-geriknya. Dan ini menjadikannya ikon favorit pembangun jembatan, baik dalam isu-isu sosial maupun pengembangan pribadi.

Tidak jarang Oprah tampil tanpa makeup sama sekali dalam syuting dokumentasi di belakang layar tentang kehidupan pribadinya. Para selebritis tidak banyak yang berani tampil tanpa gincu. Namun Oprah berani dan tulus melakukannya.

Dua, kedekatan isu, hati dan pikiran dengan pemirsa, pembaca, dan konsumen. Salah satu kelebihan Oprah adalah skill berkomunikasi yang banyak mendengarkan dan bertanya secara cerdas dan baik hati. Baik hati di sini sangat penting, mengingat ada talk show host yang hanya mengutamakan "kelihatan pintar", tapi terlalu memojokkan.

Kedekatan merupakan faktor penting dalam pengambilan keputusan produk-produk yang akan dilontarkannya ke pasar. Mirip Warren Buffett, yang memilih produk-produk yang dimengerti, demikian juga Oprah.

Tiga, memutarbalikkan kekurangan menjadi kelebihan. Oprah dikenal dengan berat badan yoyo, alias naik turun. Jadilah ia brand ambassador Weight Watchers Slimming Center . Ia juga dikenal dengan masa kecil yang miskin papa, jadilah ia seorang inspirator dan filantropis kelas dunia.

Ia tidak malu, apalagi takut dengan kekurangannya. Itu semua menjadi kelebihan dan unique selling proposition (USP) dari Oprah.

Terhitung tahun 2004 hingga 2011, Oprah termasuk satu dari 100 insan paling berpengaruh di dunia. Kredibilitas Oprah sebagai pribadi unggulan melampaui kredibilitas presiden dari negara manapun. Bisa dimengerti bila suatu hari ia berkampanye untuk menjadi presiden AS dan menang.

Karya-karya filantropinya juga sangat mengagumkan. Oprah's Angel Network telah bekerja keras mengumpulkan lebih dari sekitar US$ 80 juta yang disumbangkan kepada para korban bencana alam, anak-anak terlantar, dan pendidikan anak-anak perempuan.

Insan multitalenta ini sungguh luar biasa. Dengan kegigihan dan kebesaran hati, ia berhasil membangun lebih dari sekadar merek-merek yang stabil. Namun inspirasi bagi semua orang yang selalu mengalir deras.



TERBARU

×