kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Belanja modal dan strategi perusahaan


Jumat, 08 Februari 2019 / 08:05 WIB

Belanja modal dan strategi perusahaan

Setiap awal tahun banyak pertanyaan terkait belanja modal sebuah perusahaan. Belanja modal dianggap punya pengaruh besar ke pertumbuhan perusahaan di masa yang akan datang. Karena itu investor saham seringkali mencermati dengan seksama berapa belanja modal sebuah perusahaan, untuk menentukan apakah perusahaan masih akan tumbuh atau cenderung tetap dalam beberapa tahun ke depan.

Seringkali belanja modal perusahaan, juga disebut capital expenditure (capex) atau capital investment, merupakan proyek jangka panjang yang melibatkan investasi dana atau uang dalam jumlah besar dan punya manfaat bagi perusahaan di jangka panjang. Bila gagal merencanakan belanja modal dengan baik, ini akan menjadi masalah bagi biaya perusahaan di masa yang akan datang.

Beberapa contoh capital investment adalah pembelian peralatan, pergantian mesin lama dengan yang baru atau implementasi teknologi baru. Selain itu bisa juga pembangunan tempat pendidikan, pembangunan pabrik baru, ekspansi ke tempat baru atau instalasi aplikasi teknologi informasi.

Tujuan dilakukan capital investment adalah profit dan efisiensi. Beberapa capital investment digunakan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan di masa yang akan datang. Misalnya, karena pangsa pasar masih terbuka sedangkan kapasitas mesin perusahaan sudah penuh, maka perusahaan menyiapkan capital investment untuk menambah kapasitas produksi.

Selain hal di atas, belanja modal juga bisa untuk meningkatkan efisiensi. Misalnya perusahaan membeli mesin atau peralatan baru sehingga biaya perusahaan bisa turun.

Karena pentingnya belanja modal, maka ada kajian khusus yang dilakukan manajer keuangan untuk menentukan apakah sebuah proyek atau rencana layak dilakukan atau tidak. Istilahnya capital budgeting atau penganggaran modal, yang merupakan gabungan capital dan budgeting.

Capital sendiri merupakan kajian terhadap aktiva tetap yang digunakan perusahaan untuk beroperasi di jangka panjang. Sedangkan budgeting adalah rencana terperinci dari sebuah proyek, termasuk arus kas masuk (cash inflow) dan arus kas keluar (cash outflow) beberapa tahun yang akan datang.

Secara sederhana capital budgeting dapat dikatakan sebuah rencana belanja perusahaan untuk pembelian atau penggantian aktiva tetap di masa yang akan datang. Secara lebih lengkap capital budgeting adalah sebuah proses analisa proyek-proyek menyeluruh yang pengembangannya lebih dari satu tahun. Tujuan akhirnya adalah apakah sebuah proyek layak dimasukkan dan ke depan menjadi sebuah investasi yang layak atau tidak.


Reporter: Harian Kontan
Editor: Tri Adi

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.9329 || diagnostic_api_kanan = 0.0022 || diagnostic_web = 1.0837

Close [X]
×