kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45709,36   15,51   2.24%
  • EMAS908.000 -0,11%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN -0.19%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.21%
KOLOM /

Jasa Marga dan lebaran 2020

oleh Ellen May - Ellen May Research Institute


Kamis, 14 Mei 2020 / 15:24 WIB
Jasa Marga dan lebaran 2020
ILUSTRASI. Ellen May, Pengamat Pasar Modal dan pendiri Ellen May Institute. 

Reporter: Harian Kontan | Editor: Harris Hadinata

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah telah melarang masyarakat mudik di lebaran tahun ini guna mencegah penyebaran virus corona ke berbagai daerah, terutama di kampung halaman pemudik. Ini bisa berpengaruh ke kinerja PT Jasa Marga Tbk (JSMR).

Namun emiten pelat merah ini memprediksi akan ada fenomena mudik lokal menjelang Idul Fitri tahun ini. Lalu bagaimana persiapan dan kinerja emiten ini?

 
Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik Lebaran akan terjadi pada 21 Mei 2020 (H-3 Lebaran). Namun arus lalu lintas jalan tol jelang Lebaran 2020 ini menurun 62,5%. 
 
Beberapa daerah besar seperti Jakarta dan sekitarnya serta Surabaya masih bisa melakukan mudik lokal. 
 
JSMR telah mempersiapkan layanan operasional jalan tol yang meliputi layanan transaksi, lalu lintas, konstruksi, dan tempat istirahat yang bersiaga selama 24 jam. 
 
Selain itu, perusahaan ini juga melakukan batasan 50% dari jumlah lahan parkir yang tersedia, membuat marka jaga jarak di tempat umum, membatasi waktu singgah pengunjung maksimal 30 menit, serta menyediakan ruang khusus/isolasi. 
 
Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk protokol pencegahan covid-19.
 
Di tengah wabah Covid-19 sendiri, pendapatan harian Jasa Marga rata-rata turun 15% di bulan Maret dan drop 50% di bulan April. Ini merupakan dasar untuk asumsi pemulihan secara penuh pada Agustus mendatang. 
 
JSMR telah menerapkan beberapa kebijakan efisiensi untuk menjaga likuiditas, seperti menurunkan beban biaya administrasi dan umum (G&A), di antaranya dengan memangkas beban rapat/perjalanan dinas, dan penundaan insentif Hari Raya.
 
Perusahaan juga memangkas penyerapan capex untuk kemajuan konstruksi hanya 30% dari kecepatan normal. Langkah-langkah tersebut diperkirakan menghemat likuiditas hingga Rp2,5 triliun.
 
Emiten ini telah mengajukan permintaan restrukturisasi kredit kepada kreditor utamanya, yakni bank BUMN, BCA serta SMI. Hal ini dapat memberikan dorongan arus kas lebih lanjut. 
 
Penangguhan pokok kredit akan dikabulkan meskipun pembicaraan dengan kreditur untuk pemangkasan bunga masih akan berlangsung dan diperkirakan selesai paling cepat pada Juli 2020.
 
Referensi JSMR
 
Secara teknikal saham JSMR telah membentuk pola double bottom, breakout area 3.400. Trader bisa masuk ke saham JSMR dengan strategi buy on weakness pada harga 3.570-3.590, sebanyak maksimal 5% dari modal swing trading
 
Jual jika harga turun dari 3.200 untuk pembatasan risiko, dengan perkiraan profit taking 4.000.
 
Saat ini JSMR diperdagangkan dengan PER 11,81 kali; PBV 1,12 kali; dan EPS Rp 302,34 .
 
Ingin tahu di mana saja peluang dan saham-saham potensial di tengah penurunan IHSG saat ini? Temukan jawabannya di aplikasi EMTrade!
 
Salam profit.
 
Disclaimer:
 
Setiap pembahasan saham dalam artikel ini bersifat sebagai referensi / bahan pertimbangan, dan bukan merupakan perintah beli / jual. Setiap keuntungan dan kerugian menjadi tanggung jawab dari pelaku pasar.



TERBARU

[X]
×