kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45786,75   -3,71   -0.47%
  • EMAS1.008.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.34%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%
KOLOM /

Melakukan money management dalam investasi dan trading saham

oleh Ellen May - Ellen May Research Institute


Selasa, 22 September 2020 / 17:55 WIB
Melakukan money management dalam investasi dan trading saham
ILUSTRASI. Ellen May, Pengamat Pasar Modal dan pendiri Ellen May Institute. 


Reporter: Harian Kontan | Editor: Harris Hadinata

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat masih turun 21,68% sejak awal tahun. Ini merupakan kesempatan berburu saham-saham berfundamental bagus yang harganya sedang terdiskon.

Jadi, manfaatkan kesempatan ini untuk melakukan investasi di saham. Tapi jangan lupa tetap terapkan money management.

Kalau Anda belum punya gambaran bagaimana cara melakukan money management dalam investasi saham, Anda bisa coba money management ala EMTrade ini. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam melakukan money management.

Pertama, pisahkan portofolio investasi Anda dengan portofolio trading. Tentu saja, modal untuk investasi dan trading juga harus disiapkan terpisah.

Kedua, alokasikan dana untuk porsi investasi sebesar 80%. Tahun 2020 adalah investing year! Manfaatkan kesempatan langka ini. Alokasikan dana untuk trading 20%.

Ketiga, untuk investasi , maksimal beli saham 5 saja. Tidak perlu borong banyak saham. Lakukan strategi cicil beli. Bagi modal Anda ke dalam beberapa kali pembelian.

Keempat, saat melakukan trading , jangan terburu-buru ingin cepat untung dan jangan agresif. Ingat, kondisi market dalam kecenderungan turun.

Bagi pemula, start small. Beli maksimal 10 saham saja. Jangan kalap borong semua saham.

Selain itu, jangan lupa prinsip cut losses short and let profit run. Batasi risiko sedini mungkin dan hold saham yang masih kuat untuk naik.

Biar lebih jelas, coba tengok ilustasi berikut. Asumsikan saat ini Anda memiliki modal awal Rp 100 juta. Bagi modal tersebut untuk investasi dan trading.

Dengan demikian, Anda akan memiliki modal untuk investasi Rp 80 juta (80% dari total modal). Investasi dilakukan hanya di lima saham. Artinya, Anda akan memiliki modal Rp 16 juta per saham.

Asumsikan Anda melakukan cicil beli 4 kali lagi tahun ini, yaitu dari September sampai Desember. Berarti, setiap bulan Anda bisa cicil beli saham sebesar Rp 4 juta.

Tentu saja, Anda harus memilih saham-saham dengan fundamental oke untuk investasi. EMTrade memiliki 12 saham referensi untuk investasi, yaitu BBCA, BBRI, BBNI, BMRI, ICBP, INDF, HMSP, GGRM, UNVR, KLBF, TLKM, ASII.

Sebagai contoh, kita pilih lima saham untuk investasi, yaitu BBCA, BBRI, ICBP, HMSP dan ASII. Silahkan lihat ilustrasi cicil beli saham investasi berikut ini!

Dari ilustrasi tersebut, ada perubahan jumlah lot untuk cicil beli setiap bulannya, karena harga saham juga berubah. Nilai pembelian tiap saham dibatasi di bawah Rp 4 juta.

Melanjutkan contoh di atas, Anda akan memiliki modal untuk trading sebesar Rp 20 juta. Anda bisa trading di 10 saham. Jadi bila dirata-rata, Anda akan bisa membeli maksimal Rp 2 juta per saham.

Untuk mengatur risiko ketika trading, Anda perlu mematok stop loss. Misal Anda membatasi kerugian maksimal 10%, dengan asumsi maksimal pembelian saham Rp 2 juta, artinya kerugian maksimal Rp 200.000.

Kalau level stoploss tembus, Anda harus disiplin cut loss. Anda juga bisa coba batasi kerugian di bawah 10% untuk memproteksi modal . Jadi, secara persentase, rugi per saham dibandingkan total modal kurang dari 1%.

Kalau misal dari awal Anda siap menanggung risiko 10% dari total modal,  artinya Anda siap kehilangan Rp 2 juta. Hitung-hitung, ini jadi biaya belajar trading.

Rp 2 juta adalah batas kerugian maksimal dari satu portofolio. Kalau setiap trading Anda rugi Rp 200.000, maka Anda punya kesempatan 10 kali untuk membatasi risiko.

Cut loss adalah hal yang harus siap dihadapi. Jadikan ini sebagai momen belajar, sehingga mindset dan skill trading serta investing bisa lebih berkembang.




TERBARU

[X]
×