kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45737,15   -5,22   -0.70%
  • EMAS1.016.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.43%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%
KOLOM /

Mengukur potensi cuan dari rights issue MEDC

oleh Ellen May - Ellen May Research Institute


Rabu, 02 September 2020 / 18:36 WIB
Mengukur potensi cuan dari rights issue MEDC
ILUSTRASI. Ellen May, Pengamat Pasar Modal dan pendiri Ellen May Institute. 

Reporter: Harian Kontan | Editor: Harris Hadinata

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Medco Energi International Tbk (MEDC) berencana melakukan rights issue sebesar 7,5 miliar saham. Rasio pelaksanaan rights issue sebesar 2:5 (baru:lama).

Harga pelaksanaan Rp 250 per saham. Jumlah dana yang akan didapatkan MEDC sebanyak-banyaknya Rp 1,87 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk modal kerja, baik oleh Medco sendiri maupun untuk anak perusahaan.

Rights issue atau hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) adalah hak investor untuk memperoleh saham terlebih dahulu ketika perusahaan menerbitkan saham baru. Karena sifatnya hak dan bukan kewajiban, maka investor dapat memilih akan menggunakan hak tersebut atau tidak.

Ketika investor memutuskan mengambil HMETD, maka akan ada penyesuaian jumlah saham dan nominal saham di portofolio. Sebagai contoh, asumsikan investor memiliki 10 lot (1.000 saham) MEDC dengan harga Rp 500 per saham.

Rasio HMETD MEDC 2:5 dan harga pelaksanaan Rp 250. Harga pelaksanaan ini biasa disebut juga harga tebus MEDC. Jadi ketika investor ingin mengambil HMETD MEDC, dia perlu membayar Rp 250 per saham.

Sehingga total biaya tebus HMETD MEDC menjadi:

Saat menebus HMETD, maka akan ada penyesuaian harga dan jumlah kepemilikan, menjadi:

Jika ingin mendapatkan HMETD MEDC, harus tercatat sebagai pemilik saham MEDC pada 10 September 2020. Rasio 2:5 berarti pemegang lima saham lama berhak atas dua HMETD.

Lalu bagaimana jika tidak mengambil HMETD? Maka kepemilikan saham akan terdilusi. Karena jumlah saham beredar menjadi lebih banyak setelah HMETD dilakukan, sehingga terjadi pengurangan persentase kepemilikan bagi yang tidak mengambil HMETD.

HMETD juga berdampak pada perubahan harga yang diperdagangkan. Harga tersebut ditentukan dengan memperhatikan harga penutupan perdagangan saat cum date right MEDC, pada 8 September 2020.

Perubahan modal

HMETD juga akan berpengaruh dalam struktur modal perusahaan. Ini karena jumlah saham yang beredar lebih banyak pasca HMETD.

Dari tabel di atas bisa dilihat, perubahan jumlah saham yang dimiliki dari 17 miliar menjadi 25 miliar saham. Karena semua pemilik saham menebus HMETD MEDC, maka jumlah persentase kepemilikan tidak berkurang atau terdilusi.

Sementara tabel di atas menggambarkan efek dilusi karena ada pemegang saham yang tidak mengeksekusi HMETD. Dengan asumsi seluruh masyarakat pemilik saham MEDC tidak menebus haknya, maka persentase kepemilikan berubah dari 0,36% menjadi 0,29%.

HMETD adalah hak yang bisa diaktifkan atau diabaikan. Efeknya jika tidak mengaktifkan hal tersebut adalah dilusi porsi kepemilikan saham.

Jika Anda membeli atau menjual saham, tetap gunakan analisis teknikal atau fundamental sesuai tujuan. Saat ini EM Trade mengoleksi saham MEDC untuk trading sejak 12 Agustus 2020.

Kami mereferensikan hold bagi pemegang saham MEDC. Sebab, saham masih berada di base-nya. Kami juga melihat MA masih fase uptrend. 



TERBARU

[X]
×