kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45737,15   -5,22   -0.70%
  • EMAS1.016.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.43%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%
KOLOM /

Saham KAEF naik tinggi sampai ARA, begini prospeknya ke depan.

oleh Ellen May - Ellen May Research Institute


Kamis, 06 Agustus 2020 / 17:45 WIB
Saham KAEF naik tinggi sampai ARA, begini prospeknya ke depan.
ILUSTRASI. Ellen May, Pengamat Pasar Modal dan pendiri Ellen May Institute. Foto: DOK PRIBADI

Reporter: Harian Kontan | Editor: Harris Hadinata

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kimia Farma Tbk (KAEF) menjadi “trending topic” dalam 2 minggu ini di kalangan pelaku pasar saham. Pasalnya, harga sahamnya naik secara masif. 

Terhitung sejak 21 Juli 2020, saham KAEF sudah naik signifikan hingga 133%. Sebuah kenaikan fantastis, mengingat ini hanya terjadi dalam 13 hari kalender bursa. 

Kenaikan harga KAEF secara masif sejalan dengan datangnya vaksin Covid-19 di Indonesia. Vaksin tersebut adalah kerjasama Bio Farma dengan Sinovac, perusahaan farmasi dari China. 

Vaksin tersebut rencananya akan memasuki ujicoba tahap ke-3 pada 11 Agustus 2020. Targetnya, vaksin rampung maksimal awal tahun depan, untuk kemudian didistribusikan.

Bio Farma, sebagai induk dari KAEF dan PT Indofarma Tbk (INAF), mendelegasikan pendistribusian vaksin COVID-19 kepada kedua anak usahanya tersebut, dengan pembagian jatah 50%:50%. 

Untuk produksi, Bio Farma dipastikan dapat memproduksi 100 juta hingga 250 juta dosis vaksin setahun. Dengan hal tersebut, muncul optimisme KAEF akan mendapatkan pendapatan dari pendistribusian vaksin. 
 
 

Profitabilitas

KAEF mampu mencatatkan pertumbuhan pendapatan tiap tahun, dengan rata-rata pertumbuhan 18%. Marjin laba bersih KAEF pada semester I-2020 sebesar 1,09%, lebih rendah dibanding marjin semester I tahun lalu sebesar 1,3%. 

Laba dibandingkan dengan modal yang ditanamkan alias return on equity (ROE) KAEF saat ini sebesar 0,74%. Ini lebih rendah dibandingkan dengan ROE di semester I-2019 yang sebesar 0,76% 

Pada 2019, laba KAEF tercatat turun drastis dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan beban bunga bank yang ditanggung oleh KAEF meningkat hingga 119%. 

Total utang

Total utang diukur dengan rasio DER (utang dibandingkan modal) dan DAR (utang dibandingkan aset). Jika DER atau DAR di angka 1 maka utang dan modal sama besar. 

Jika DAR di angka 1 maka utang dan aset sama besar. Kesimpulannya DER dan DAR harus sekecil mungkin dan di bawah angka 1. Saat ini KAEF memiliki DAR 0,6 kali dan DER 1,53 kali.

Nampak pada chart di atas, pergerakan harga saham KAEF sangat volatil. Hal ini bisa terlihat dari kenaikan yang tajam hingga auto reject atas dan saat koreksi bahkan sampai menyentuh auto reject bawah. 

Dengan demikian, KAEF cocok untuk trading jangka pendek atau swing trading, karena tingkat volatilitasnya yang tinggi. EM Trade telah take profit 36,48% setelah membeli KAEF pada tanggal 5 Agustus 2020 lalu di harga Rp 2.470. 

Kami akan update jika ada kesempatan buyback melalui live trading journal EMTrade.



TERBARU

[X]
×