kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
KOLOM /

Terus ekspansi saat pandemi, begini peluang saham SMBR


Selasa, 21 Juli 2020 / 17:01 WIB
Terus ekspansi saat pandemi, begini peluang saham SMBR
ILUSTRASI. Ellen May, Pengamat Pasar Modal dan pendiri Ellen May Institute.


Reporter: Harian Kontan | Editor: Harris Hadinata

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) tetap optimistis kinerja keuangan tahun ini akan membaik pada semester II-2020. Optimisme ini muncul seiring dengan dimulainya fase new normal

Untuk mempertahankan kinerjanya, SMBR melakukan efisiensi dan optimalisasi pasar.  SMBR akan ekspansi ke pasar luar negeri sebagai optimalisasi pasar di semester II-2020. 

SMBR juga akan fokus di pasar luar negeri dengan target Australia dan Filipina yang dinilai memiliki potensi cerah. Selain itu, di dalam negeri, SMBR akan fokus melebarkan pasar ke Kalimantan.

Selain ekspansi, SMBR juga melakukan efisiensi biaya. SMBR hanya akan mengoperasikan satu pabrik yang terintegrasi dan juga melakukan biaya tetap hingga 40% untuk menekan cost yang dikeluarkan. 

SMBR juga menunda melaksanakan belanja modal hingga 43%. Salah satunya menunda pembangunan pabrik semen Baturaja III di Jambi. 

Kinerja keuangan

SMBR mencatatkan rugi bersih pada kuartal I-2020, sebesar Rp 64,6 miliar. Sementara pendapatan emiten ini mencapai Rp 335,7 miliar, turun 20,6% YoY. 

Margin laba kotor  SMBR 36,4%, turun dibanding periode lalu sebesar  39,7%. Tetekannya penjualan akibat pandemi menjadi faktor utama yang membuat SMBR merugi. 

Utang SMBR sebesar Rp 2,2 triliun dengan DAR 0,26 kali. Utang jangka pendek Rp 954 miliar dan utang jangka panjang Rp 1,2 triliun. 

Referensi SMBR

Kami mereferensikan pembelian SMBR untuk swing trading dengan pembelian maksimal di 390 sebanyak maksimal 5% dari modal swing trading

Jual jika harga turun dari 368 untuk pembatasan risiko dengan perkiraan profit taking di kisaran 406.

Strategi yang kami terapkan adalah buy on breakout. Keputusan kami mereferensikan SMBR setelah melihat harga SMBR breakout dari MA 200 diikuti dengan volume yang besar. Tetap mengatur money management dan menjaga risiko trading.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×