kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45869,49   -13,44   -1.52%
  • EMAS937.000 0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%
KOLOM /

Yuk, Mengenal Lebih Dalam Sertifikasi ISO 37001

oleh Aries Heru Prasetyo - Data Scientist, Dosen Sekolah Tinggi Manajemen PPM


Rabu, 28 April 2021 / 06:18 WIB
Yuk, Mengenal Lebih Dalam Sertifikasi ISO 37001
ILUSTRASI. Aries Heru Prasetyo, Ketua Program Sarjana PPM School of Management. Foto: Dok Pribadi


Reporter: Harian Kontan | Editor: Yuwono triatmojo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak awal 2019, tuntutan untuk memiliki sertifikasi ISO 37001 telah menyita perhatian semua kalangan, khususnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

ISO 37001 merupakan sebuah standar yang dirilis sejak 2016, yang mengatur tentang sistem manajemen anti penyuapan atau yang dikenal dengan istilah SMAP.

Bagi sebagian kalangan, satu pertanyaan dasar yang sering terungkap adalah apa esensi SMAP bagi perusahaan serta seberapa jauh manfaatnya bagi peningkatan kinerja organisasi.

Menjawab dua pertanyaan tersebut secara gamblang harus diakui bukanlah hal yang mudah. Sebagai sebuah standar yang berlaku secara internasional, ISO 37001 berupaya untuk membangun konteks bisnis global yang berintegritas. Bisnis yang didasari oleh nilai-nilai etika dan tata kelola yang luhur.

Dengan memiliki sertifikasi di bidang ini, perusahaan secara eksplisit ingin mengungkapkan komitmennya terhadap anti penyuapan, sehingga dengan cara yang sama perusahaan akan menuntut setiap pihak yang berhubungan dengannya (stakeholder) untuk menjalankan komitmen serupa.

Melalui cara inilah atmosfer bisnis akan terbangun ke arah yang lebih bertanggung jawab.

Sistem manajemen anti suap memberikan panduan kepada manajemen untuk mengeliminasi setiap tindakan yang mengarah pada bentuk-bentuk penyuapan, baik secara keuangan maupun non keuangan.

Untuk dapat menerapkannya secara efektif, perusahaan perlu menyiapkan beberapa komponen.

Pertama adalah panduan sistem. Pada panduan ini terdapat filosofi dasar terkait definisi penyuapan yang dipahami oleh perusahaan, termasuk ruang lingkup di mana sistem anti suap ini dijalankan serta pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam pelaksanaannya.




TERBARU
Kontan Academy
Menagih Utang Itu Mudah Batch 5 Data Analysis & Visualization with Excel Batch 3

[X]
×